PAMERAN ENERGI ALTERNATIF TENAGA SURYA DI MOJOKERTO

Diposting pada: 2013-05-01, oleh : smkn3boy, Kategori: Berita

 

PAMERAN ENERGI ALTERNATIF TENAGA SURYA DI MOJOKERTO

(Sabtu, 5 Mei 2012)

 

Pak Dhe Karwo, “Saya bangga terhadap anak-anak muda yang inovatif ini”.

 

Energi surya adalah energi yang didapat dengan mengubah energi panas surya (matahari) melalui peralatan tertentu menjadi sumber daya dalam bentuk lain. Energi surya menjadi salah satu alternatif sumber pembangkit daya selain air, uap, angin, biogas, batu bara, dan minyak bumi.

Teknik pemanfaatan energi surya mulai muncul pada tahun 1839, ditemukan oleh A.C. Becquerel. Ia menggunakan kristal silikon untuk mengkonversi radiasi Matahari, namun sampai tahun 1955 metode itu belum banyak dikembangkan. Selama kurun waktu lebih dari satu abad itu, sumber energi yang banyak digunakan adalah minyak bumi dan batu bara.

Upaya pengembangan kembali cara memanfaatkan energi surya kompetensi keahlian Teknik Elektronika SMK Negeri 3 Boyolangu memperkenalkan penggunaan panel surya, selain untuk pemenuhan kebutuhan listrik, juga untuk memenuhi standar kurikulum berbasis produksi. Sebagai langkah awal, dirakitlah lampu untuk penerangan jalan.

Sejak bulan April 2012 tim mengadakan serangkaian uji coba sistem penyedia energi listrik yang dipasang halaman SMK Negeri 3 Boyolangu dengan menggunakan 2 panel surya berkapasitas 60 Watt peak digunakan untuk menyalakan 2 buah lampu berkapasitas 30 Watt.

Sebagai ajang promosi, selain menawarkan di instansi negeri dan swasta yang ada di Tulungagung, tim pengembang energi surya SMKN 3 Boyolangu mengikuti pameran yang diadakan oleh KAPAL (Kenduri Agung Pengabdi Lingkungan) di Bantaran Sungai Brantas Mojokerto pada hari Sabtu, tanggal 5 Mei 2012 dengan tema Ekspedisi Laksamana Nala Clean-Up Brantas dan Pengukuhan Kartini Pengabdi Lingkungan Kapal Jawa Timur oleh Gubernur Jawa Timur

Pada pameran tersebut banyak pengunjung yang antusias terhadap energi alternatif  tenaga surya. Ini terlihat sejak stan dibuka sampai penutupan, tim sibuk menjawab pertanyaan mulai dari cara kerja, peralatan pendukung, kapasitas yang dibutuhkan, biaya, sampai cara perawatannya. Bahkan Pak De Karwo terkagum-kagum dan sangat mendukung inovasi yang dilakukan SMK Negeri 3 Boyolangu setelah mendapat penjelasan dari peserta didik dan disempatkan menulis pesan pada lembaran berbingkai dengan kalimat “Saya bangga terhadap anak-anak muda yang inovatif ini”.

Keberhasilan pengembangan energi surya SMK Negeri 3 Boyolangu bisa dilihat pada banyaknya SKPD yang tertarik. Pada saat ini yang sudah terpasang di RSUD Dr. Iskak sebanyak 5 unit, dengan spesifikasi untuk satu unitnya terdiri atas lampu 20 Watt, panel solar sel 2 kali 60 Watt peak, accu berkapasitas 120 Ah., dan bisa menyala setiap hari mulai pukul 18.00 s.d 06.00 WIB secara otomatis.

SMK Bisa!... SMKN 3 Boyolangu Berprestasi!...

 

(Diinfokan oleh Drs. Heni Ratmoko)


Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 5 komentar untuk berita ini

  • bima
    2012-08-14

    sejak kpan ada energi surya di rs dr iskak,,,, n tempatnya di bagian mana?

  • Purbo
    2012-07-28

    Aku jadi bangga dengan almamaterku ini....semangat terus untuk jadi yang terbaik....

  • Alfafa
    2012-06-03

    YA. . . Saya juga bangga bisa sekolah di SMK 3 Boyolangu

  • admin
    2012-05-16

    Terimakasih atas komen baik anda semoga SMKN 3 Boyolangu semakin maju

  • Rizal
    2012-05-15

    alhamdulillah,,, sekarang sudah lebih maju mantan sekolahku ini... semoga selalu menjadi yang terbaik di Tulungagung bahkan ditingkat nasional... SMKN 3 BOY ,, JAYAAAA !!!!!!