SMKN 3 BOYOLANGU MENDAPAT ANUGERAH PENGHARGAAN SEKOLAH ADIWIYATA

Diposting pada: 2013-05-01, oleh : smkn3boy, Kategori: Berita

 

          Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif. Sedangkan tujuan Program Adiwiyata adalah untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk tempat pembelajaran dan penyadaran bagi seluruh warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

          SMK Negeri 3 Boyolangu sebagai sekolah RSBI di Kabupaten Tulungagung ikut aktif dalam pelaksanaan program Adiwiyata tersebut. Hal ini terbukti dengan terpilihnya SMK Negeri 3 Boyolangu sebagai sekolah Adiwiyata di Kabupaten Tulungagung yang mampu menyisihkan beberapa sekolah yang juga masuk dalam nominasi sekolah Adiwiyata. Penetapan SMK Negeri 3 Boyolangu sebagai sekolah Adiwiyata ditandai dengan pemberian Piala dan Piagam Penghargaan oleh Bupati Tulungagung pada tanggal 2 Mei 2012 kepada Drs. Herry Dwi Rahardjo selaku Kepala UPTD SMKN 3 Boyolangu pada saat upacara Hari Pendidikan Nasional.

          Prestasi yang telah dicapai tersebut tidaklah instan tetapi memerlukan proses yang panjang. Terhitung sejak tahun 2010 SMK Negeri 3 Boyolangu mulai berbenah yaitu dengan membentuk Tim Sukses Adiwiyata yang bertugas melaksanakan tugas dan tanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan program adiwiyata, diantaranya penyusunan portofolio serta melaksanakan kegiatan-kegiatan bertema lingkungan hidup. Selain itu SMK Negeri 3 Boyolangu juga melakukan revisi visi dan misi sekolah yang lebih ditekankan pada sekolah yang peduli, berwawasan, dan berbudaya lingkungan hidup.

          Untuk mewujudkan sekolah yang peduli, berwawasan, dan berbudaya lingkungan hidup, SMK Negeri 3 Boyolangu melakukan berbagai pengembangan dan perbaikan baik dari pengembangan kurikulum pembelajaran, pengembangan sarana dan prasarana sekolah, pengembangan teknologi yang ramah lingkungan, maupun dari sisi perilaku dan kesadaran terhadap lingkungan dari warga sekolah sendiri. Pengembangan kurikulum antara lain dilaksanakannya pendidikan lingkungan hidup secara integrasi dan monolotik (mulok PLH). Pengembangan sarana prasarana antara lain pembuatan tempat sampah Organik dan Anorganik, pembangunan kantin sehat, dan pembuatan taman. Pengembangan teknologi antara lain pemasangan solar cell untuk penerangan, pengembangan teknologi melalui karya ilmiah siswa, pemasangan wifi dibeberapa titik untuk menunjang pengetahuan siswa, serta teknologi pengolahan kompos. Sedangkan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan antara lain, melaksanakan sosialisasi penerapan pendidikan lingkungan hidup, lomba lahan dan taman, lomba poster dalam rangka hari bumi, reboisasi dalam rangka gerakan 1 juta pohon, penanaman toga, mengikuti Tulungagung Fashion Festival (TFF) HUT Kota Tulungagung yang bertema go green, kegiatan jum’at bersih, penanaman simbar menjangan dan paku tanduk rusa dalam rangka hari cinta puspa dan satwa, pemasangan slogan bertema lingkungan diarea sekolah, menciptakan produk 3R (Reuse, Recycle, Reduce) dan lain sebagainya.

          Salah satu hal yang sangat menentukan keberhasilan dalam program Adiwiyata adalah adanya kerjasama serta partisipasi aktif dari siswa maupun seluruh warga sekolah untuk ikut merubah sikap, perilaku, dan budaya yang lebih mengedepankan kelestarian lingkungan dan mampu menjadi pembina lingkungan hidup. Pada kesempatan ini, kami selaku tim Adiwiyata SMKN 3 Boyolangu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut menunjang keberhasilan SMK Negeri 3 Boyolangu sehingga menyandang predikat sebagai sekolah Adiwiyata di Kabupaten Tulungagung Tahun 2012. Dengan upaya pengembangan terus-menerus, semoga pada tahun mendatang sekolah tercinta mampu meraih predikat sebagai sekolah adiwiyata tingkat nasional. SMKN 3 Boyolangu BISA!...

(Ditulis oleh Rifa’i Bahtiar, S.Pd.)


Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini