PROGRAM C- STEP DI SMK NEGERI 3 BOYOLANGU LEBIH DARI SEKEDAR WUJUD RIIL LINK AND MATCH

Diposting pada: 2013-08-15, oleh : smkn3boy, Kategori: Berita

PROGRAM  C- STEP  DI SMK NEGERI 3 BOYOLANGU

LEBIH DARI SEKEDAR WUJUD RIIL LINK AND MATCH


          SMK Negeri 3 Boyolangu terus berkibar, kembali mencatat prestasi luar biasa dengan penunjukkan SMK Negeri 3 Boyolangu sebagai pelaksana program C-STEP (Chevrolet Technician Education Program) untuk wilayah Jawa Timur. Sebuah prestasi membanggakan tersebut tentunya diperoleh melalui proses panjang dan usaha keras meningkatkan kualitas pembelajaran, dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Melalui program C-STEP, SMK Negeri Boyolangu menjadi tempat pusat pendidikan/pelatihan (Training Center) bagi pendidik dan peserta didik dari 14 SMK di Jawa Timur yang tergabung dalam kesepakatan dan kesepahaman (MoU) dengan PT. General Motors Indonesia (Chevrolet/ Chevy). Kegiatan program C-STEP bagi pendidik telah terlaksana pada 19-23 Oktober 2012 yang lalu, sedang bagi peserta didik kegiatan tersebut dimulai sejak 2 hari berlalu, tepatnya mulai 28 Januari 2013 yang sesuai rencana akan selesai hingga 1 Juni 2013.

          Bagi SMK Negeri Boyolangu, program C-STEP merupakan langkah riil dalam mewujudkan kebijakan link and match sebagai pola utama penyelenggaraan kurikulum SMK. Sebagai pelaksana program C-STEP, menurut Bp Drs. Herry Dwi  Rahardjo, M.M selaku Ka SMK Negeri 3 Boyolangu, program tersebut  menjadi fakta/bukti bahwa SMKN 3 Boyolangu benar-benar telah mewujudkan penerapan link and match secara nyata, melalui serangkaian proses panjang menjalin hubungan dengan masyarakat dunia usaha/ dunia industri (link) dalam upaya sinkronisasi hingga melahirkan kurikulum implementatif (macth). Yang demikian optimis diyakini akan menghasilkan lulusan/ output yang mampu memenuhi kebutuhan pasar kerja (DU/ DI), sesuai amanat SK Mendikbud No. 0490/V/1992 Pasal 2; ayat (1) bahwa SMK adalah sebuah satuan pendidikan yang antara lain bertujuan untuk menyiapkan peserta didik untuk memasuki lapangan kerja dan mengembangkan sikap profesional. Tentu saja dapat dipahami oleh semua pihak bahwa program C-STEP telah menempatkan SMK Negeri 3 Boyolangu satu langkah lebih depan daripada kebijakan link and macth itu sendiri, karena melalui program C-STEP, SMK Negeri 3 Boyolangu tidak hanya sekedar menyiapkan lulusan yang siap memasuki lapangan kerja seperti yang diamanatkan oleh kebijakan link and macth, namun sekaligus mampu mengantarkan lulusan sampai pada perekrutan kerja yang sesuai dengan kompetensinya.

          Bagi PT. General Motors Indonesia (Chevrolet), program C-STEP merupakan upaya dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan dalam mewujudkan tenaga terampil menengah melalui bentuk kerjasama yang saling menguntungkan. Peningkatan kompetensi pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan melalui program C-STEP merupakan salah satu tuntutan kualifikasi yang diperlukan sebagai tenaga kerja di pasar dunia usaha dan dunia industri, sesuai amanat PP 39/ 1992 tentang Peran Serta Masyarakat Dalam Pendidikan Nasional.

          Kegiatan training Chevrolet yang seluruh biaya operasionalnya (konsumsi, akomodasi, hotel, fasilitas belajar, diktat, seragam, dll) ditanggung sepenuhnya oleh PT. GMI tersebut, menurut pengakuan beberapa peserta secara sampling, menyatakan bahwa program C-STEP memberikan pengalaman kegiatan pembelajaran yang luar biasa, sangat berbeda dengan proses pembelajaran yang selama ini didapatkan di sekolah asal masing-masing, terutama bagi peserta didik yang berasal dari satuan pendidikan yang belum memiliki kurikulum implementatif seperti SMK Negeri 3 Boyolangu. Melalui Training Chevrolet, peserta diberikan kompetensi yang sesuai kebutuhan pasar yang belum tentu ada dalam standar isi, dihadapkan pada hal-hal yang riil, teknologi update terutama teknologi terbaru chevrolet, bukan hanya sekedar rekaan simulasi, peserta merasakan begitu berartinya waktu, merasakan pentingnya arti disiplin, pentingnya menerapkan K3, pentingnya nilai-nilai karakter, pentingnya menjaga fisik dan mental, pentingnya kepemilikan soft skill dan hard skill, serta memahami bagaimana mempersiapkan diri untuk menjadi teknisi profesional. Sehingga tidak berlebihan jika para peserta training yang terpilih, meski baru mengikuti program karantina  selama tiga hari berjalan, tampak sudah mulai terbentuk sikap dan tindakan  sebagai pribadi yang relatif tangguh dan bertanggungjawab, yang diharapkan selesai kegiatan on the job training akan mencapai taraf profesional. Kegiatan program C-STEP  sebagai bentuk hubungan kerjasama yang sinergi antara 14 SMK se-JATIM dan PT. GMI tersebut, di didik secara langsung oleh instruktur berpengalaman Bp Dedi Kristiadi dari PT. GMI yang sekaligus berperan sebagai nara sumber.

          Adapun peserta yang lolos seleksi dan ditetapkan sebagai peserta program C-STEP di Chevrolet Training Center East Java Area yang bertempat di SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung adalah sebagai berikut :

a)      SMK Negeri 3 Boyolangu      :  9 peserta

b)      SMK Negeri 1 Blitar               :  2 peserta

c)      SMK Negeri 1 Paron              :  3 peserta

d)     SMK Negeri 1 Jenangan         :  3 peserta

e)      SMK Negeri 1 Pungging        :  4 peserta

f)       SMK Negeri 1 Kediri             :  1 peserta

g)      SMK Negeri 1 Trenggalek      :  1 peserta

h)      SMK Negeri 1 Madiun           :  2 peserta

Sedangkan jadwal kegiatan training program C-STEP adalah sebagaiberikut :

  • Training Teori

Sesi 1                           : 28 Januari s.d  07 Februari 2013

Sesi 2                           : 25 Februari s.d  07 Maret 2013

Waktu                         : 07.30 – 16.30

Tempat                        : Chevrolet Training Center East Java Area

                                      di SMK Negeri Boyolangu

  • On The Job Training (OJT)

Sesi 1                           : 08 Februari s.d  23 Februari 2013

Sesi 2                           : 08 Maret s.d  30 Maret 2013

                                      01 Mei s.d  24 Mei 2013

Waktu                         : 08.30 – 16.30

Tempat                        : Chevrolet Authorized Service Workshop

                                      (tempat : ditentukan kemudian)

  • Ujian Akhir (Skill Assessment)

Sesi Ujian                    : 27 Mei s.d 01 Juni 2013

Waktu                         : 07.30 – 16.30

Tempat                        : Chevrolet Training Center East Java Area

                                      di SMK Negeri Boyolangu

 

            Sebagai satuan pendidikan yang dipercaya menjadi pelaksana program C-STEP, dalam rangka mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat SMK Negeri 3 Boyolangu, tetap memperhatikan kesiapan peserta program C-STEP dalam menghadapi UN 2012/2013. Terkait hal tersebut, mengingat jadwal kegiatan program C-STEP yang ketat mulai pukul 07.30 – 16.30, maka Bp Drs. Sumitra selaku Wakasek Kurikulum SMKN 3 Boyolangu mengambil langkah untuk memberikan jam intensif mapel UN setiap hari mulai pukul 19.00 s.d pukul 21.00 dengan menghadirkan guru pembimbing ke Hotel tempat peserta menginap. Termasuk memanfaatkan hari Minggu selama tiga jam penuh, mulai pukul 08.30 s.d 11.30 untuk membekali peserta program C-STEP mampu berbahasa Inggris aktif  guna mendukung kompetensinya kelak sebagai teknisi profesional. Kegiatan tambahan tersebut merupakan bentuk kegiatan diluar ketentuan pihak PT. GMI , pure inisiatif SMK Negeri Boyolangu yang diberikan secara gratis (termasuk fasilitas modul simulasi UN) sebagai wujud kepedulian dan kontribusi SMK Negeri 3 Boyolangu dalam mensukseskan UN 2012/2013 tidak terkecuali bagi seluruh peserta program C-STEP yang berasal dari berbagai SMK se- Jawa Timur dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.      (esbegekim UK Kurikulum)


Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini