Saya mendaftar jurusan apa ya di di SMKN 3 Boyolangu?

Diposting pada: 2013-06-27, oleh : smkn3boy, Kategori: Tanpa Kategori

Banyak pertanyaan yang masuk ke kolom komentar pada judul artikel Info PPDB Online 2013. Diantaranya,” Pak/bu danem 18 mlebet teng nopo? seng elek ritek gak po2”.; “Pak/bu danem 30 menawi teng jurusan mesin ktrimo npo mboten?”; “Berapa pak/bu nilai danem terendah agar bisa di terima di SMK anda dengan jurusan otomotif? mohon balasannya secepatnya; ”Sarat masuk SMKN 3 apa aja? dan minimal danemnya berapa?”;Danem 28,35 sekiranya masuk jurusan apa pak,,??”; “Danem 32,10 diterima apa tidak,,?”, dan masih banyak  pertanyaan yang senada.

Berkaitan dengan hal tersebut penulis tertarik untuk memberikan informasi/gambaran tentang PPDB pada tahun lalu (2012/2013). Harapannya, berdasarkan informasi ini calon peserta didik dapat lebih mawas diri (tidak asal minat) ketika mempertimbangkan jurusan yang hendak dipilih berdasarkan jumlah nilai danem yang dimiliki. Jika jumlah danemnya tinggi sangat mungkin peluang diterima besar, namun jika jumlah danemnya rendah atau sedang, perlu dianalisa secara matang ketika mengisi 3 pilihan sekolah/jurusan. Jika terlalu percaya diri untuk bersaing pada jurusan yang animo masyarakat besar bisa jadi berakhir dengan ‘gigit jari’.

Selama beberapa tahun ke belakang, tingkat animo masyarakat/calon peserta didik terhadap jurusan tertentu tidak terlalu jauh berbeda. Dengan demikian untuk tahun ini sangat dimungkinkan tingkat animo masyarakat terhadap jurusan diprediksi tetap seperti tahun sebelumnya.

Sebagai gambaran umum tentang besarnya animo, perbandingan antara animo dengan daya tampung, dan jumlah danem terendah yang diterima dimasing-masing jurusan lihat tabel dan grafik di bawah ini.

No

Kompetensi Keahlian

Kode

Jumlah Kelas

Daya Tampung

Animo

Perbandingan animo dan daya tampung

1

Teknik Konstruksi Kayu

TKK

1

30

71

2,37

2

Teknik Konst. Batu dan Beton

TKB

1

30

56

1,87

3

Teknik Gambar Bangunan

TGB

2

60

136

2,27

4

Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik

TIT

2

60

123

2,05

5

Teknik Otomasi Industri

TOI

1

30

109

3,63

6

Teknik Elektronika Industri

TEI

2

60

113

1,88

7

Teknik Pemesinan

TPm

3

90

191

2,12

8

Teknik Kendaraan Ringan

TKR

3

90

220

2,44

9

Teknik Perbaikan Bodi Otomotif

TBO

1

30

73

2,43

 

 

Grafik animo masyarakat ke tiap-tiap jurusan tahun 2012/2013

 

Berdasarkan grafik di atas, animo tertinggi terletak pada jurusan TKR dan TPm, dan yang paling rendah pada TKB, disusul TKK, dan TBO.

 

Grafik perbandingan antara animo masyarakat

dengan daya tampung jurusan

Berdasarkan grafik di atas, semakin tinggi batang yang dibentuk, maka persaingan semakin ketat. Persaingan tertinggi pada jurusan TOI (3,63). Sedangkan yang terendah pada TKB (1,87) dan TEI (1,88). Untuk jurusan TPm dan TKR kelihatannya persaingan tidak terlalu ketat, namun perlu diketahui kedua jurusan tersebut daya tampungnya 3 kelas (90 peserta didik), sehingga jumlah pesaingnya menjadi cukup banyak bila dibandingkan dengan jurusan lainnya.

Uraian di atas bisa menjadi pertimbangan ketika akan memilih jurusan yang ada di SMKN 3 Boyolangu. Saat itu ‘tren’ nilai danem cukup tinggi dan digabung dengan nilai ujian seleksi lokal sehingga sulit untuk pathokan saat sekarang. Untuk saat ini, ‘tren’ nilai danem cenderung menurun sehingga calon peserta didik mestinya harus punya keberanian untuk memilih jurusan yang nilai terendah danemnya lebih tinggi dari tahun lalu. Untuk mengetahui posisi Anda terhadap seluruh teman-temannya se- Kabupaten Tulungagung, lihat statistik nilai Unas Kab. Tulungagung pada tabel di bawah ini.

 

 

Sumber: www.ppdb.tulungagung.net


Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini