PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA

Diposting pada: 2013-11-27, oleh : smkn3boy, Kategori: Tanpa Kategori

FORMULA  TERKINI

 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA (PKB)  SMKN 3 BOYOLANGU

          Program DIKLAT  Pendidikan Karakter Bangsa Dan Bela Negara  (Diklat PKBBN) bagi seluruh peserta didik baru (berjumlah 543 peserta) yang mulai diterapkan di SMK Negeri 3 Boyolangu pada tahun pelajaran 2013/2014, merupakan terobosan baru yang patut diapresiasi sebagai bentuk implementasi yang terbukti  efektif dan efisien. Program DIKLAT  tersebut dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama diikuti 272 peserta didik dilaksanakan pada tanggal 20 s.d 22 Agustus 2013, sedang gelombang kedua diikuti 271 peserta didik dilaksanakan pada tanggal 22 s.d 24 Agustus 2013. Materi DIKLAT dikemas dalam bentuk kegiatan pelatihan dan permainan selama 3 hari, dilaksanakan secara professional  melalui kerjasama antara SMK Negeri 3 Boyolangu dengan YONIF  511 Badak Hitam yang beralamat di Jln. Maluku Blitar. Kegiatan DIKLAT yang dilaksanakan di Batalyon Infanteri 511/Dibyatara Yodha tersebut merupakan upaya SMK Negeri 3 Boyolangu dalam memberikan layanan prima kepada masyarakat. Pelaksanaan kegiatan yang melibatkan 12 pelatih, 11 pembina, 4 tenaga medis, dan 16 pendamping tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam menghasilkan output yang  memiliki kompetensi  softskill dan hardskill  berimbang, sehingga siap berkompetisi di era global.

          Program Diklat PKBBN dapat dipandang sebagai langkah optimalisasi dari bentuk penerapan pendidikan karakter bangsa  terintegrasi (pendidikan berbasis karakter). Melalui  program Diklat tersebut, peserta didik memperoleh pengalaman belajar  bermakna  dalam lingkungan batalyon  dan  secara  riil memberikan situasi pembelajaran yang  kondusif.  Secara umum  kegiatan diklat menitikberatkan pada upaya membangun mindset karakter bangsa dalam diri peserta didik, melalui pembiasaan aktifitas sejak bangun tidur hingga menjelang tidur. Materi  pelatihan disajikan dengan schedule ketat dan menyenangkan sesuai kebutuhan peserta didik (bukan pendidikan militer). Materi pelatihan mencakup kegiatan apel pagi, wawasan kebangsaan, PBB & PPM, kebersihan, kepedulian social, kegiatan ibadah, kedisiplinan, etika, kepemimpinan dasar, kebugaran, outbond, pendidikan karakter, kesrem, TUM, apel malam, jurit malam, api unggun, renungan, dll. Melalui kegiatan tersebut sekaligus memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai arti tanggungjawab, kaitan antara pelanggaran dan sanksi, serta menyamakan persepsi bahwa sanksi bukan wujud dari bentuk “hukuman” namun semata-mata sebagai bentuk yang sifatnya  “mendidik” untuk kebaikan kedepan.

          Program DIKLAT  PKBBN yang telah terlaksana akan senantiasa di evaluasi dan di tindak lanjuti untuk perbaikan, didedikasikan untuk warga SMK Negeri 3 Boyolangu khususnya dan dunia pendidikan Indonesia pada umumnya. DIKLAT Pendidikan Karakter Bangsa dan Bela Negara bertujuan membangun kembali mindset karakter bangsa pada generasi penerus untuk keselamatan dan eksistensi Bangsa dan Negara di masa depan. Program DIKLAT PKBBN yang dilaksanakan SMK Negeri 3 Boyolangu adalah  kegiatan yang tidak terpisahkan dari rangkaian kegiatan MOS bagi peserta didik baru, sekaligus merupakan formula riil yang efektif dan efisien dalam proses transfer (pembelajaran) KI-1 dan KI-2  implementasi Kurikulum 2013.                   

….. SMKN 3 Boyolangu pasti BISA!

‘Agustus 2013


Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 1 komentar untuk berita ini

  • Heri Subowo
    2013-10-13

    Semoga peserta didik yang telah didiklat menjadi generasi yang berkarakter positif dan nantinya siap menjadi pemegang estafet kepemimpinan menuju Indonesia yang lebih maju dan berkembang. Amin.