UNIT PELAYANAN PUBLIK PERCONTOHAN

Diposting pada: 2013-09-12, oleh : smkn3boy, Kategori: Tanpa Kategori

SMKN 3 BOYOLANGU

MENUJU

UNIT PELAYANAN PUBLIK PERCONTOHAN TINGKAT PROPINSI JAWA TIMUR

 

Pada Hari Rabu, 4 September 2013 Pukul 11.45 WIB SMKN 3 Boyolangu menerima kedatangan tamu istimewa, yaitu Tim Penilai Unit Pelayanan Percontohan Tingkat Propinsi Jawa Timur.Di halaman kantor SMKN 3 Boyolangu, tamu istimewa tersebutsetelah turun dari mobil, langsung disambut dengan iringan Reog Kendang sekolah tercinta dan Kepala SMKN 3 Boyolangu (Drs. Moch. Anurul hamzah, M.M.) mengalungkan selendang sebagai tanda ucapan selamat datang  dengan harapan bisa menjadi pengikat tali persahabatan. Pada kesempatan tersebut, turut menyambut Sekretaris Daerah Kab. Tulungagung Bapak Ir. Indra Fauzi, Tim Pembina Unit Pelayanan Publik Kab. Tulungagung, Para SKPD Kab. Tulungagung, dan Staf Pengelola SMKN 3 Boyolangu. Selanjutnya tim penilai yang berjumlah 4 orang (Bapak Ketut, Bapak Yusuf, Bapak Benny, dan Ibu Susan) “diarak” menuju ruang pertemuan sambil diiringi Reog Kendang.

Di ruang pertemuan, dilakukan prosesi pembukaan penilaian pelayanan publik.Pada kesempatan tersebut Bapak Ir. Indra Fauzi membacakan sambutan Bupati Tulungagung dan sekaligus menyampaikan harapan-harapannya. Setelah itu Bapak Ketut selaku ketua tim menyampaikan sambutannya. Beliau mengatakan bahwa kedatangannya berdasarkan perintah UU No. 25 Tahun 2009 tentang Standar Pelayanan Publik dan PermenPAN dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No. 38 tahun 2012 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik. Penilaian/pemotretan/evaluasi yang akan dilakukan mencakup 9 komponen penilaian, yaitu 1) visi, misi, dan motto pelayanan, 2) standar pelayanan dan maklumat pelayanan, 3) sistem, mekanisme, dan prosedur, 4) sumber daya manusia, 5) sarana dan prasarana pelayanan, 6) penanganan pengaduan, 7) indeks kepuasan masyarakat, 8) sistem informasi pelayanan publik, dan 9) produktifitas dalam pencapaian target pelayanan. Diinformasikan juga bahwa pada periode ini ada 40 unit pelayanan se-Jawa Timur yang diajukan untuk dilakukan penilaian, yang nantinya akan dipilih 15 unit pelayanan untuk diberikan penghargaan oleh Gubernur Jawa Timur dalam suatu acara tertentu.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut, Kepala SMKN 3 Boyolangu menyampaikan paparan tentang profil SMKN 3 Boyolangu, mulai dari visi dan misi sekolah, motto pelayanan dan motto sekolah, potret lingkungan sekitar, layanan umum dan layanan khusus di kompetensi keahlian,Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), prestasi sekolah, prestasi peserta didik, keberhasilan menyalurkan tamatan, wujud kerjasama dengan berbagai pihak, dll.  

Setelah selesai acara di ruang pertemuan, sebelum tim penilai menuju ke lapangan, terlebih dahulu semua hadirin beramah-tamah makan siang di ruang lain yang telah disediakan panitia. Selanjutnya masing-masing tim menyebar keseluruh sub unit pelayanan yang ada di SMKN 3 Boyolangu untuk melakukan pemotretan/penilaian sesuai dengan komponen dan indikator penilaian yang telah terstandar.

Pada akhir kegiatan, dilakukan umpan balik di ruang pertemuan yang dihadiri oleh seluruh staf pengelola SMKN 3 Boyolangu. Pada acara tersebut, semua anggota tim penilai diberikan kesempatan untuk menyampaikan temuan-temuannya. Dimulai Pak Yusuf, Pak Benny, Bu Susan, dan dilanjutkan oleh Pak Ketut. Selanjutnya Kepala SMKN 3 Boyolangu menyampaikan tanggapannya, yang intinya dari semua temuan yang disampaikan oleh tim penilai, SMKN 3 Boyolangu siap untuk memperbaiki dan mengembangkannya. Selanjutnya juga tidak ketinggalan Heri Subowo, M.Pd. selaku wakil manajemen mutu menyampaikan tanggapannya terkait dengan temuan-temuan yang disampaikan tim penilai.

Perlu diketahui bahwa penilaian unit pelayanan publik percontohan tingkat provinsi tersebut merupakan kelanjutan dari penilaian  yang dilakukan oleh tim penilai tingkat kabupaten. Dari semua unit pelayanan publik (SKPD, kecamatan, puskesmas, sekolah, dll) yang ada di Kab. Tulungagung,  akhirnya disimpulkan bahwa SMKN 3 Boyolangu dinyatakan layak diajukan mewakili Kab. Tulungagung untuk dilakukan penilaian tingkat provinsi.

Berikut adalah beberapa pengertian dari istilah-istilah dalam Pelayanan Publik:

1.      Pelayanan Publik  adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/ atau pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Standar Pelayanan  adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

2.      Standar Operasional Prosedur (SOP)  adalah  serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi pemerintahan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana, dan oleh siapa dilakukan.

3.      Penyelenggara Pelayanan Publik  yang selanjutnya disebut Penyelenggara adalah setiap institusi penyelenggara negara, korporasi, lembaga independen yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk kegiatan pelayanan publik, dan badan hukum lain yang di bentuk semata-mata untuk kegiatan pelayanan publik.

4.      Unit Pelayanan Publik  adalah satuan kerja di lingkungan instansi pemerintah yang memberikan pelayanan kepada masyarakat.

5.      Kinerja Unit Pelayanan Publik adalah tingkat keberhasilan unit pelayanan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasitentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya.

Semoga SMKN 3 Boyolangu akhirnya mendapatkan predikat sebagai unit pelayanan publik  percontohan atau yang patut dicontoh untuk Tingkat Jawa Timur, sehingga semakin melengkapi prestasi sekolah disamping prestasi-prestasi kebanggaan lainnya, yaitu sebagai sekolah adiwiyata tingkat propinsi (yang juga saat ini sedang siap-siap menuju Adiwiyata Nasional), SMK yang pengelolaannya berstandar ISO 9001:2008, dan sebagainya, yang semakin pantas menyandang status sebagai SMK Rujukan. 

SMK Bisa!..... SMKN 3 Boyolangu PASTI BISA!, Semoga.

 


Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini