Juara II Fisika Terapan OSTN

Diposting pada: 2014-06-07, oleh : smkn3boy, Kategori: Tanpa Kategori

SMKN 3 Boyolangu Juara II Fisika Terapan OSTN Tahun 2013

 

          Prestasi gemilang telah diraih oleh siswa SMKN 3 Boyolangu pada OSTN (Olimpiade Sains Terapan Nasional) Bidang Lomba Fisika Terapan Tahun 2013 sebagai wakil dari Jawa Timur. Siswa tersebut adalah Hendra Laksana Putra siswa kelas XII TKR 2 yang mampu membuktikan kemampuannya ditingkat Nasional. Sebelumnya Hendra telah mengikuti proses seleksi di sekolah untuk mengikuti OSTN Tingkat Provinsi di bidang Fisika Terapan dan berhasil menyabet juara pertama hingga akhirnya maju ke OSTN. Bahagia serta bangga dirasakan oleh siswa kelahiran 4 April 1996 ini, karena berhasil menjadi wakil Jawa Timur di Tingkat Nasional dan mampu menyisihkan peserta dari provinsi lain sehingga sebagai juara II dan berhak mendapatkan piala, medali, piagam penghargaan, dan uang pembinaan sebesar Rp. 7.500.000,- . Penyerahan tropi dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Miswar. Menurut Hendra, banyak pengalaman yang didapat selama mengikuti lomba, diantaranya adalah dapat mencoba peralatan praktik yang baru dan mendapatkan teman-teman baru.

          Sebelum pelaksanaan lomba, Hendra Laksana Putra mendapatkan bimbingan secara intensif materi-materi perlombaan dari 2 pembimbing (guru Fisika SMKN 3 Boyolangu) yaitu Dwi Wulan K., S.Pd. dan Dewi Masithoh, S.Pd.  Pada kesempatan lain, kedua pembimbing tersebut juga mendapat penghargaan khusus dari sekolah karena dinilai telah berhasil membimbing dengan baik.

          Penyelenggaraan OSTN yang ke 12 ini digelar di Bandung pada tanggal 3 s.d. 7 September 2013. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh membuka acara tersebut pada Selasa, 3 September 2013 di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB. Pembukaan OSTN 2013 ini ditandai dengan membunyikan angklung yang dilakukan oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan Musliar Kasim, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, dan Dirjen Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Achmad Jazidi

          OSTN tahun ini, diikuti sekitar 3.600 peserta dari seluruh Indonesia mulai jenjang SD, SMP, SMA, SMK, PLKK Pendidikan Menengah dan guru. Para peserta OSTN 2013 mengikuti berbagai kompetisi sains murni maupun terapan dari cabang ilmu Matematik, IPA, Biologi, Fisika, Kimia, IT (komputer), Astronomi, Geografi, Ekonomi dan Bisnis. Khusus peserta Olimpide Fisika Terapan diikuti oleh 33 peserta dari berbagai Provinsi. Perlombaan hari pertama dilakukan pada tanggal 4 September 2013 yang diikuti 33 peserta dan dibagi menjadi 2 sesi teori, kemudian disaring menjadi 10 peserta yang diadu kembali pada final hari ke dua. Pada hari kedua ini peserta diuji kemampuan dalam penggunaan alat praktik yang disediakan oleh panitia.

          Penutupan OSTN dilaksanakan pada tanggal 7 September 2013 yang sekaligus diumumkan pemenang olimpiade. Sekjen Kemdikbud, Ainun Naim, menutup secara resmi Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2013, di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung.

          Pada saat Upacara Hari Senin, Tanggal 9 September 2013 Hendra diminta tampil di depan untuk melaksanakan prosesi serah terima Piala, Medali, Piagam Penghargaan, dan Uang Pembinaan dengan kepala sekolah. Untuk Piala diserahkan ke sekolah, sedangkan Medali, Piagam Penghargaan, dan Uang Pembinaan sepenuhnya menjadi hak Hendra. Dengan prosesi tersebut, kepala sekolah (selaku pembina upacara) berharap agar dapatnya Hendra menjadi teladan, motivasi, dan penyemangat kepada peserta didik lain untuk berprestasi dalam bidangnya masing-masing.

SMK Bisa! SMKN 3 Boyolangu Pasti Bisa!

 


Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 1 komentar untuk berita ini

  • Heri Subowo
    2013-10-13

    Tahukah Anda bahwa sebagian Indonesia telah berada di SMKN 3 Boyolangu?