Juara II LKS Joinery Nasional 2013

Diposting pada: 2013-06-07, oleh : smkn3boy, Kategori: Tanpa Kategori

SMKN 3 Boyolangu Juara II LKS Nasional 2013 Bidang Lomba Joinery

 

          Setelah baru saja mendapatkan prestasi “luar biasa” sebagai Juara II OSTN Bidang Lomba Fisika Terapan, menyusul prestasi “luar biasa” lagi diperoleh SMKN 3 Boyolangu diajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Nasional sebagai juara II dalam bidang lomba Joinery (sambungan kayu) tanggal 23 s.d. 27 September 2013 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta dan bersaing dengan 26 peserta dari provinsi lain. Riski Khoirudin adalah nama peserta didik Kompetensi Keahlian (Komli) Teknik Konstruksi Kayu (TKK) yang telah menjadi Juara II Bidang Joinery tersebut dan berhak untuk mendapatkan medali perak, sertifikat penghargaan, dan uang sebesar Rp. 8 juta.

          Pada saat upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2013,disisipkan prosesi penerimaan penghargaan dihadapan semua warga sekolahantara pembina upacara Drs. Muhari, M.Pd. dengan Riski Khoirudin, yang didampingi pembimbing Sumarji, S.Pd.Pada saat itu pula Sumarji, S.Pd. secara simbolis menerima penghargaan dari sekolah berupa uang sebesar Rp. 3 juta, karena dianggap telah membimbing Riski secara sungguh-sungguh dan akhirnya berhasil menjadi juara.  Pada kesempatan yang sama, diserahterimakan juga Thropy dan Sertifikat Penghargaan sebagai Juara II Olimpiade  Metrologi Tingkat SMK se-Jawa Tahun 2013 yang diselenggarakan pada Tanggal 22 September 2013 oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang atas nama Demas Yang Indrajat peserta didik Kelas 12 TPm 1 dengan pembimbing Bapak Bintoro, S.T. dan Bapak Muh. Basori, M.Pd. (Berita tentang Demas ini diinformasikan secara lengkap pada kolom lain).Pada kesempatan itu, Drs. Moch. Anurul Hamzah, M.M. selaku Kepala SMKN 3 Boyolangu turut memberikan ucapan selamat dan merasa bangga atas prestasi yang diperoleh peserta didiknya.

          Setelah upacara tersebut, dilaksanakan seremonial sederhana antara pihak sekolah (Kepala Sekolah dan beberapa wakasek) dan pihak Riski (yang ditemani orang tua dan pembimbing) di Ruang Kepala Sekolah.Pada kesempatan tersebut, secara simbolis kepala sekolah menyerahkan medali dan uang penghargaan kepada Riski yang disaksikan oleh orang tuanya (karena uang penghargaan telah diterimakan sepenuhnya oleh Riski dan disimpan di rumah).Setelah itu kami berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan Riski maupun Bapaknya (Asngari).Riskimerasa sangat senang, gembira, dan bersyukur atas prestasi yang diperolehnya.Ia merasa bangga bisa sekolah di SMKN 3 Boyolangu dengan Kompetensi keahlian TKK. Hal itu ditunjukkan pada saat PPDB kelas 10 pilihan utamanya di TKK dan sudah mulai aktif untuk turut serta mengerjakan kegiatan unit produksi bidang perkayuan di SMKN 3 Boyolangusejak kelas 11. Pria yang berdomisili di Desa Gondosuli Kec. Gondang Kab. Tulungagung ini bercita-cita untuk kuliah di Jurusan Teknik Sipil. Tetapi sayangnya, karena konsentrasi untuk menghadapi LKS Nasional  menjadi lupa untuk mendaftar di perguruan tinggi sehingga direncanakan  ditahun pelajaran mendatang baru akan mendaftar kuliah. Pak Asngari (orang tua Riski) yang bekerja sebagai pedagang di Pasar Ngemplak juga sangat senang, bangga, dan bersyukur atas prestasi yang diperoleh putranya.Beliau juga siap membiayai dan mendukung Riski jika suatu saat nanti kuliah.Pada kesempatan itu pula Pak Asngari tidak lupa menyampaikan terima kasih atas bimbingan bapak/ibu pendidik di SMKN 3 Boyolangu sehingga Riski dapat memperoleh prestasi yang membanggakan tersebut.

          Perlu diketahui bahwa KomliTKK adalah jurusan yang diajari mengolah bahan mentah kayu menjadi barang jadi untuk keperluan membangun rumah maupun perabot rumah tangga. SMKN 3 Boyolangu  dan peserta didik TKK patut berbangga bahwa selama ini prestasinya telah diakui secara nasional dan berlangganan menjadi juara. Pada Tahun 2011 menjadi Juara 2 LKS Tingkat Provinsi Jatim untuk Bidang Lomba Joinery,  Tahun 2012 sebagai juara 2 Bidang Lomba Cabinet Making LKS Tingkat Provinsi, dan Tahun 2013 menjadi Juara 1 LKS Tingkat Provinsi Jatim untuk Bidang Lomba Joinery dan akhirnya menghantarkan SMKN 3 Boyolangu menjadi Juara 2 Tingkat Nasional.

          Dengan berbagai juara tersebut diharapkan masyarakat semakin tahu bahwa ada potensi yang luar biasa untuk Komli TKK dan jika selama ini peminat yang masuk di Komli TKK cenderung kurang maka semoga ditahun pelajaran mendatang peminatnya semakin banyak.

SMK Bisa! SMKN 3 Boyolangu Pasti Bisa! Komli TKK Oke!

(HS)


Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini