Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) 2014

Diposting pada: 2014-10-18, oleh : smkn3boy, Kategori: Tanpa Kategori

 

          Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan OSTN SMA, SMK, PKLK Dikmen dan PKLK Dikdas sendiri resmi  dibuka oleh Wakil Menteri Pendidikan dan  Kebudayaan Bidang Pendidikan tanggal 2 September 2014 di Hotel Lombok Raya. Pembukaan yang meriah dan antusiasme seluruh peserta tergambar dari penuhnya ballroom dan selasar Hotel Lombok Raya. Sekitar 3000-an orang diperkirakan hadir menyambut perhelatan tahunan Kemendikbud ini. OSN diselenggarakan setiap tahun dengan tujuan untuk memberi  kesempatan kepada para siswa mulai dari pendidikan dasar hingga menengah untuk memperlihatkan kebolehan mereka dalam bidang masing-masing. Provinsi mengikuti OSN kali ini terdiri dari 33 Provinsi se Indonesia. Jumlah peserta yang diikutkan dalam OSN 2014 oleh masing-masing provinsi sesuai kemampuan dan jumlah seleksi yang dilakukan di wilayahnya masing-masing. Ada 5 jenis lomba untuk Jenjang SMK diantaranya bidang Matematika Teknologi, Matematika Non teknologi, fisika Terapan, Biologi Terapan dan kimia Terapan.

 

          Dalam Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) ke-13 tahun 2014 yang dihelat di Mataram, Nusa Tenggara Barat ini, SMKN 3 Boyolangu  mengirimkan 1 siswanya untuk mewakili Propinsi Jawa Timur bertanding di bidang lomba Fisika Terapan yaitu Nur Rohmat Hadianto kelas XII TEI 2. Pembimbingan intensif selama 1 bulan juga dilakukan sebelum pelaksanaan OSTN oleh salah satu guru terbaik SMKN 3 Boyolangu yaitu Dwi Wulan K., S.Pd. dan Dewi Masithoh, S.Pd.. Untuk bidang lomba Fisika Terapan ada 34 peserta dimana ada 3 sesi perlombaan, 2 sesi untuk teori dan sesi selanjutnya adalah praktik. Pada sesi ketiga ini, hanya tinggal 15 peserta yang bersaing. Menurut Nur Rohmat pesaing yang paling berat adalah dari propinsi Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Untuk bidang lomba Fisika Terapana ini dilaksanakan di Universitas Mataram. Pengalaman berharga juga ia dapatkan selama disana,  antara lain mendapatkan wawasan baru serta teman-teman baru dan masih banyak lagi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

 

          Acara puncak dari Kompetisi sains paling bergengsi ini adalah pengumuman pemenang OSN dan OSTN 2014, dilanjutkan penutupan acara serta penyerahan bendera OSN dari Prop NTB kepada Propinsi Jateng sebagai tuan rumah OSN 2015 di DIY Yogyakarta. Nur Rohmat Hadianto meraih  juara harapan I dan mendapat piagam pengharagaan, trofi dan uang pembinaan bebesar Rp. 3.500.000,00. Perasaan senang karena mendapat juara harapan I dan sekaligus kecewa karena masih belum mencapai hasil yang di harapkan dirasakan oleh Nur Rohmat. Namun hal itu tidak menciutkan hatinya, bahkan dia akan terus belajar untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik.

 

 


Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini